Soal dan Pembahasan Sejarah SBMPTN Tahun 2014 (Kode 753)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah
ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan
menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun
ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada
hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada
soal hitungan, rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan
bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10
tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.
Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi
soal asli Sejarah SBMPTN tahun 2014 kode 753 lengkap dengan
pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga
mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami
siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang
belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
💦 Soal No 01
- (A) politik
- (B) militer
- (C) manusia
- (D) alam
- (E) pangan
Pembahasan:
Pulau Sumatra, Kalimantan dan Indonesia Timur memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah seperti emas, batu bara, intan dan minyak bumi. Oleh karena itu salah satu tujuan Jepang ke Indonesia adalah karena potensi sumber daya alamnya. Terlebih saat itu Jepang sedang di blokade persediaan minyaknya. Sehingga Jepang mencari wilayah penyedia minyak untuk kebutuhan industri dan perang Jepang.
💥Kunci Jawaban: D
- (A) meningkatkan kerja sama bilateral.
- (B) bergabung dengan salah satu negara yang bertikai
- (C) bergabung dengan PBB
- (D) mendirikan organisasi Gerakan Non Blok
- (E) ikut serta dalam mendamaikan kedua belah pihak
Pembahasan:
Negara Asia dan Afrika merupakan negara yang kebanyakan negara berkembang. Akan sangat berbahaya jika mereka memihak salah satu blok barat atau timur. Maka untuk menghadapi tekanan kekuatan dari kedua kubu (barat dan timur), mereka mendirikan gerakan non Blok tahun 1963.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) menyerahkan kekuasaanya kepada putra mahkota.
- (B) bekerja sama dengan Kediri.
- (C) melakukan ekspedisi Pamalayu.
- (D) bekerja sama dengan Sriwijaya.
- (E) membagi kerajaannya menjadi Panjalu dan Kediri
Pembahasan:
Pembagian wilayah hasil rancangan PPKI yang ke 2 tanggal 19 Agustus 1945 terdiri akar 8 Provinsi (Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo/Kalmantan, Sulawesi, Maluku dan Sunda Kecil). Serta 2 daerah istimewa (D.I Yogyakarta, dan D.I Aceh)
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) lima provinsi dan satu daerah istimewa.
- (B) enam provinsi dan satu daerah istimewa
- (C) tujuh provinsi dan dua daerah istimewa
- (D) delapan provinsi dan dua daerah istimewa
- (E) sembilan provinsi dan tiga daerah istimewa
Pembahasan:
Pembagian wilayah hasil rancangan PPKI yang ke 2 tanggal 19 Agustus 1945 terdiri akar 8 Provinsi (Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo/Kalmantan, Sulawesi, Maluku dan Sunda Kecil). Serta 2 daerah istimewa (D.I Yogyakarta, dan D.I Aceh)
💥Kunci ...
- (A) hilangnya kekaguman rakyat Ambon terhadap kekuatan Belanda.
- (B) rakyat Ambon menentang upaya Belanda memonopoli
- (C) Belanda tidak memperbolehkan rakyat Ambon untuk mendapat pendidikan
- (D) Belanda menerapkan sistem pajak yang memberatkan rakyat.
- (E) rakyat Ambon mendapat dukungan para pedagang Inggris untuk melawan
Pembahasan:
Faktor terjadinya perlawanan Pattimura (1817) - Praktek monopoli rempah-rempah Belanda yang sangat merugikan rakyat - Pelayaran hongi yang bertujuan menaikan harga rempah-rempah dengan cara memusnahkan pohon rempah-rempah.
💥Kunci Jawaban: B
- (A) Kongres Pemuda I 1926.
- (B) Kongres Pemuda II 1928.
- (C) Kongres Wanita 1928.
- (D) Proklamasi kemerdekaan 1945.
- (E) Rapat BPUPKI 1945.
Pembahasan:
Lagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan yang diciptakan oleh WR. Supratman. Pertama kali lirik lagu Indonesia Raya diterbitkan oleh surat kabar Sin Po. Dan pertama kali dinyanyikan dalam kongres Pemuda II tahun 1928.
💥Kunci Jawaban: B
- (A) pelaku dan saksi sejarah adalah orang yang mengalami dan melihat langsung peristiwa sejarah
- (B) kesaksian dari pelaku sejarah menjadi sumber primer dalam penelitian sejarah
- (C) pelaku dan saksi sejarah memilki ingatan tentang peristiwa yang dialami atau disaksikan nya
- (D) pelaku dan saksi sejarah dapat menjadi sukarelawan
- (E) pelaku dan saksi sejarah selalu ingin menonjolkan perannya dalam sejarah
Pembahasan:
Peran penting para pelaku dan saksi sejarah dalam penelitian sejarah tidak selalu ingin menunjukkan perannya dalam sejarah
💥Kunci jawaban: E
- (A) Jika pertanyaan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
- (B) Jika pertanyaan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
- (C) Jika pertanyaan benar, alasan salah
- (D) Jika pertanyaan salah, alasan benar
- (E) Jika pertanyaan dan alasan, keduanya salah
Pembahasan:
Saat remorasi Meiji, Jepang merevolui pendidikannya, banyak pemuda pemudi Jepang disekolahkan untuk belajar ke luar Negeri terutama ke negara-negara yang memilki kongsi dagang dengan Jepang bukan mengirim pemimpinnya. (PERNYATAAN BENAR DAN ALASAN SALAH).
💥Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Posisi Jepang sudah kalah melawan sekutu (15-8-1945) sehingga tidak berhak memberi kemerdekaan kepada Indonesia. Proklamasi kemerdekaan dibicarakan oleh Sukarno dan Hatta setelah Jepang menyerah kepada sekutu (17-8-1945). (PERNYATAAN ATAS BENAR, PERNYATAAN BAWAH BENAR, TAPI TIDAK BERHUBUNGAN).
💥Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Maluku merupakan pelabuhan Internasional dan Aceh maju dalam perdagangan sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi di Melayu - Penghasil lada yang sagat dibutuhkan dalam perdagangan.
💥Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan di akhir pelaksanaan Demokrasi Liberal untuk meningkatkan Stabilitas Politik. Pada periode ini kabinet Juanda dibubarkan dan dibentuknya kabinet kerja dengan sistem Presidensial sehingga tidak ada lagi perdana mentri.
💥Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Kaya sastra yang digunakan semoga periode kerjaan Hindu - Budha di Indonesia yang ceritannya diadopsi dari karya sastra India a) Ramayana b) Mahabrata c) Arjunasiwaha
💥Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Latar belakang sistem Tanam paksa - melemahnya kondisi finansial akibat perang Jawa. - meningkatnya permintaan produk-produk perkebunan di pasar dunia - Pemerintah kolonial ingin memonopoli ekonomi perkebunan di Jawa..
💥Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Hasil konferensi Meja Bundar. - Belanda harus menarik seluruh pasukan di wilayah-wilayah yang dikuasai oleh RI - akan dibentuk pemerintahan RIS - Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada pemerintah RIS.
💥Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Alasan Soekarno Hatta bersikap kooperatif terhadap Jepang adalah karena Jepang bisa dimanfaatkan untuk memprogandakan kepentingan Indonesia.
💥Kunci Jawaban: D