google-site-verification=uGaFaI4tLDPz87uYx2QkslvG_6TMmWXUvNr4czQTFKo Soal dan Pembahasan Sejarah SBMPTN Tahun 2014 (Kode 753) - SEJARAH SMA DAN SMK

Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan Sejarah SBMPTN Tahun 2014 (Kode 753)


Bimbel WIN: 

Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Sejarah SBMPTN tahun 2014 kode 753 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏

💦 Soal No 01

Jepang membagi Indonesia menjadi tiga wilayah yaitu 1) Sumatera; 2) Jawa dan madura; 3) Kalimantan dan Indonesia Timur. Jepang menganggap wilayah 1 dan 3 memilki potensi sumber daya. 
  •  (A) politik 
  •  (B) militer 
  •  (C) manusia 
  •  (D) alam 
  •  (E) pangan

 Pembahasan:

   Pulau Sumatra, Kalimantan dan Indonesia Timur memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah seperti emas, batu bara, intan dan minyak bumi. Oleh karena itu salah satu tujuan Jepang ke Indonesia adalah karena potensi sumber daya alamnya. Terlebih saat itu Jepang sedang di blokade persediaan minyaknya. Sehingga Jepang mencari wilayah penyedia minyak untuk kebutuhan industri dan perang Jepang.

💥Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 02
Respons negara-negara Asia dan Afrika dalam menyikapi Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet adalah ... 
  • (A) meningkatkan kerja sama bilateral. 
  • (B) bergabung dengan salah satu negara yang bertikai 
  • (C) bergabung dengan PBB 
  • (D) mendirikan organisasi Gerakan Non Blok 
  • (E) ikut serta dalam mendamaikan kedua belah pihak

Pembahasan:

    Negara Asia dan Afrika merupakan negara yang kebanyakan negara berkembang. Akan sangat berbahaya jika mereka memihak salah satu blok barat atau timur. Maka untuk menghadapi tekanan kekuatan dari kedua kubu (barat dan timur), mereka mendirikan gerakan non Blok tahun 1963.

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 03
Organisasi pergerakan kemerdekaan yang didirikan oleh Muhammad Hatta di negeri Belanda adalah ... 
  • (A) menyerahkan kekuasaanya kepada putra mahkota. 
  • (B) bekerja sama dengan Kediri. 
  • (C) melakukan ekspedisi Pamalayu. 
  • (D) bekerja sama dengan Sriwijaya. 
  • (E) membagi kerajaannya menjadi Panjalu dan Kediri

 Pembahasan:

   Pembagian wilayah hasil rancangan PPKI yang ke 2 tanggal 19 Agustus 1945 terdiri akar 8 Provinsi (Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo/Kalmantan, Sulawesi, Maluku dan Sunda Kecil). Serta 2 daerah istimewa (D.I Yogyakarta, dan D.I Aceh)

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 04
Pembagian wilayah Indonesia hasil rancangan panitia kecil yang dibentuk oleh Soekarno dalam rapat PPKI terdiri atas ... 
  • (A) lima provinsi dan satu daerah istimewa. 
  • (B) enam provinsi dan satu daerah istimewa 
  • (C) tujuh provinsi dan dua daerah istimewa 
  • (D) delapan provinsi dan dua daerah istimewa 
  • (E) sembilan provinsi dan tiga daerah istimewa

Pembahasan:

    Pembagian wilayah hasil rancangan PPKI yang ke 2 tanggal 19 Agustus 1945 terdiri akar 8 Provinsi (Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo/Kalmantan, Sulawesi, Maluku dan Sunda Kecil). Serta 2 daerah istimewa (D.I Yogyakarta, dan D.I Aceh)

💥Kunci ...


💦 Soal No 5
Salah satu faktor yang mendorong keberanian rakyat Ambon di bawah pimpinan Pattimura (1817) untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda adalah 
  • (A) hilangnya kekaguman rakyat Ambon terhadap kekuatan Belanda.
  • (B) rakyat Ambon menentang upaya Belanda memonopoli
  • (C) Belanda tidak memperbolehkan rakyat Ambon untuk mendapat pendidikan 
  • (D) Belanda menerapkan sistem pajak yang memberatkan rakyat.
  • (E) rakyat Ambon mendapat dukungan para pedagang Inggris untuk melawan

Pembahasan:

    Faktor terjadinya perlawanan Pattimura (1817) - Praktek monopoli rempah-rempah Belanda yang sangat merugikan rakyat - Pelayaran hongi yang bertujuan menaikan harga rempah-rempah dengan cara memusnahkan pohon rempah-rempah.

💥Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 06
Lagu Indonesia Raya ciptaan W.R Suratman pertama kali dikumandangkan secara resmi pada ... 
  • (A) Kongres Pemuda I 1926. 
  • (B) Kongres Pemuda II 1928. 
  • (C) Kongres Wanita 1928. 
  • (D) Proklamasi kemerdekaan 1945. 
  • (E) Rapat BPUPKI 1945.

Pembahasan:

    Lagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan yang diciptakan oleh WR. Supratman. Pertama kali lirik lagu Indonesia Raya diterbitkan oleh surat kabar Sin Po. Dan pertama kali dinyanyikan dalam kongres Pemuda II tahun 1928.

💥Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 07
Para pelaku dan saksi sejarah memilki peran penting dalam penelitian dan penulisan sejarah karena alasan-alasan berikut, kecuali ... 

  • (A) pelaku dan saksi sejarah adalah orang yang mengalami dan melihat langsung peristiwa sejarah 
  • (B) kesaksian dari pelaku sejarah menjadi sumber primer dalam penelitian sejarah 
  • (C) pelaku dan saksi sejarah memilki ingatan tentang peristiwa yang dialami atau disaksikan nya 
  • (D) pelaku dan saksi sejarah dapat menjadi sukarelawan 
  • (E) pelaku dan saksi sejarah selalu ingin menonjolkan perannya dalam sejarah

Pembahasan:

    Peran penting para pelaku dan saksi sejarah dalam penelitian sejarah tidak selalu ingin menunjukkan perannya dalam sejarah

💥Kunci jawaban: E


💦 Soal No 08
Perbaikan hubungan dengan dunia Barat terjadi pada masa Restorai Meiji. 
 SEBAB
Pada masa Restorasi Meiji Jepang banyak mengirimkan pemimpin- pemimpinnya ke dunia Barat untuk belajar

  • (A) Jika pertanyaan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
  • (B) Jika pertanyaan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
  • (C) Jika pertanyaan benar, alasan salah
  • (D) Jika pertanyaan salah, alasan benar
  • (E) Jika pertanyaan dan alasan, keduanya salah

Pembahasan:

    Saat remorasi Meiji, Jepang merevolui pendidikannya, banyak pemuda pemudi Jepang disekolahkan untuk belajar ke luar Negeri terutama ke negara-negara yang memilki kongsi dagang dengan Jepang bukan mengirim pemimpinnya. (PERNYATAAN BENAR DAN ALASAN SALAH).

💥Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 09
Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang ,mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. 
 SEBAB 
Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Soekarno dan Muhammad Hatta setelah Jepang menyerah kepada sekutu.

Pembahasan:

    Posisi Jepang sudah kalah melawan sekutu (15-8-1945) sehingga tidak berhak memberi kemerdekaan kepada Indonesia. Proklamasi kemerdekaan dibicarakan oleh Sukarno dan Hatta setelah Jepang menyerah kepada sekutu (17-8-1945). (PERNYATAAN ATAS BENAR, PERNYATAAN BAWAH BENAR, TAPI TIDAK BERHUBUNGAN).

💥Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 10
Dua kasultanan yang muncul sebagai kekuatan ekonomi utama di dunia Melayu antara abad ke-15 dan 17 adalah Malaka dan Aceh 
 SEBAB 
Kasultanan Malaka dan Aceh merupakan kerajaan maritim yang menghasilkan salah satu rempah terpenting yang diproduksi di Nusantara, yaitu lada.

Pembahasan:

    Maluku merupakan pelabuhan Internasional dan Aceh maju dalam perdagangan sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi di Melayu - Penghasil lada yang sagat dibutuhkan dalam perdagangan.

💥Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 11
Dekrit Presiden 5 juli 1959 dikeluarkan pada masa Demokrasi Liberal untuk meningkatkan stabilitas politik 
 SEBAB 
Pada periode ini terjadi transisi pemerintahan, yaitu Kabinet Kerja dibubarkan dan diganti oleh Kabinet Djuanda.

Pembahasan:

    Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan di akhir pelaksanaan Demokrasi Liberal untuk meningkatkan Stabilitas Politik. Pada periode ini kabinet Juanda dibubarkan dan dibentuknya kabinet kerja dengan sistem Presidensial sehingga tidak ada lagi perdana mentri.

💥Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 12
Karya-karya sastra yang digubah semasa periode kerajaan-kerajaan Hindu - Budha di Indonesia yang ceritanya diadopsi dari karya sastra India adalah 
(1) Ramayana. 
(2) Mahabrata.
(3) Arjunawiwaha.
(4) Negarakertagama.

Pembahasan:

    Kaya sastra yang digunakan semoga periode kerjaan Hindu - Budha di Indonesia yang ceritannya diadopsi dari karya sastra India a) Ramayana b) Mahabrata c) Arjunasiwaha

💥Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 13
 Sistem Tanam Paksa yang diterapkan pemerintah kolonial Belanda pada 1830 dilatar belakangi oleh 
(1) melemahnya kondisi finansial pemerintahan kolonial yang disebabkan oleh Perang Jawa. 
(2) meningkatnya permintaan produk-produk perkebunan di pasar dunia. 
(3) pemerintah kolonial ingin memonopoli ekonomi di perkebunan di Jawa. 
(4) ambisi pribadi Gubernur Jenderal Van den Bosch

Pembahasan:

    Latar belakang sistem Tanam paksa - melemahnya kondisi finansial akibat perang Jawa. - meningkatnya permintaan produk-produk perkebunan di pasar dunia - Pemerintah kolonial ingin memonopoli ekonomi perkebunan di Jawa..

💥Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 14
Konferensi Meja Bundar (KMB) yang dilaksanakan di Den Haag, negeri Belanda pada 1949 menghasilkan keputusan penting, antara lain 
(1)  Belanda harus menarik seluruh pasukan di wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Republik Indonesia  
(2)  Akan dibentuk pemerintahan Republik In donesia Serikat (RIS). 
(3) Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada pemerintahan Republik Indonesia Serikat (RIS). 
(4)  Ibukota Republik Indonesia Serikat dikembalikan ke Jakarta

Pembahasan:

    Hasil konferensi Meja Bundar. - Belanda harus menarik seluruh pasukan di wilayah-wilayah yang dikuasai oleh RI - akan dibentuk pemerintahan RIS - Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada pemerintah RIS.

💥Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 15 
Selama masa pendudukan Jepang, Soekarno dan Hatta mau bekerja sama dengan pemerintah pendudukan karena 
(1) pemerintah pendudukan menjamin keselamatan mereka 
(2) Soekarno dan Hatta memilki kesesuaian dalam hal ideologi dengan Jepang. 
(3)  kaum pergerakan menganggap Jepang bukan sebagai musuh.
(4) Jepang bisa dimanfaatkan untuk mempropagandakan kepentingan Indone sia.

Pembahasan:

    Alasan Soekarno Hatta bersikap kooperatif terhadap Jepang adalah karena Jepang bisa dimanfaatkan untuk memprogandakan kepentingan Indonesia.

💥Kunci Jawaban: D


Subscribe to receive free email updates: