google-site-verification=uGaFaI4tLDPz87uYx2QkslvG_6TMmWXUvNr4czQTFKo Soal dan Pembahasan Sejarah SBMPTN Tahun 2013 (Kode 213) - SEJARAH SMA DAN SMK

Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan Sejarah SBMPTN Tahun 2013 (Kode 213)

 


Bimbel WIN: 

Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Sejarah SBMPTN tahun 2013 kode 213 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏


Gunakan PETUNJUK A untuk menjawab soal nomor 1 sampai dengan nomor 15 

💦 Soal No 01 
Garis pembatas yang memisahkan Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Indonesia bagian timur pada peta di atas menunjukkan pembagian wilayah kekuatan ... 
  • (A) angkatan darat 
  • (B) angkatan laut 
  • (C) angkatan udara 
  • (D) angkatan laut dan darat 
  • (E) angkatan laut dan udara

Pembahasan: 

 Jepang berkuasa di lndonesia membagi 3 pemerintahan militer. Pemerintah militer AD tentara ke-25 untuk Sumatra. Pemerintah militer AD tentara ke 16 untuk Jawa dan Madura' Pemerintahan militer AL selatan kedua untuk Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku 

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 02 
Peta sejarah Indonesia di atas menggambarkan ... 
  • (A) pembagian waktu pada masa pendudukan Jepang. 
  • (B) pembagian wilayah administrasi pada masa pendudukan Jepang. 
  • (C) persebaran anggota PETA dan Giyugun pada masa pendudukan Jepang. 
  • (D) pusat-pusat perlawanan pada masa pendudukan Jepang. 
  • (E) pusat pusat perekrutan tenaga romusha.

Pembahasan: 

 Pembagian wilayah administrasi di masa pendudukan Jepang dibawah kekuatan militer' 

💥 Kunci Jawaban: B


Naskah sejarah di bawah ini digunakan sebagai referensi menjawab soal 3-5


Jauh daripada suatu kemenangan dari pemuda, penculikan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok dan kembalinya hari itu juga ke Jakarta adalah suatu pembuktian kepada sejarah daripada bangkrutnya suatu politik dengan tiada perhitungan, yang semata mata berdasar sentiment. Pernyataan pula daripada politik tidak mampu! Karena penculikan itulah maka Proklamasi Indonesia Merdeka, yang mulanya kami tetapkan tanggal 16 Agutus, jadi terlambat satu hari. (Sumber: Moh. Hatta, 1982, Sekitar Proklamasi, Jakarta: Tintamas, hlm.15) 

💦  Soal No 03 
Naskah sejarah tersebut diatas ditulis oleh 
  • (A) pelaku sejarah 
  • (B) sejarawan 
  • (C) saksi sejarah 
  • (D) pengamat sejarah 
  • (E) penulis sejarah

Pembahasan: 

 Naskah sejarah ditulis oleh Moh Hatta dimana beliau adalah pelaku sejarah atau orang yang terlibat langsung. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 04 
Peristiwa Rengasdengklok menurut golongan tua dianggap sebagai ... 
  • (A) peristiwa yang sangat heroik 
  • (B) tindakan anak-anak muda yang berani 
  • (C) penculikan yang menunda proklamasi 
  • (D) kemenangan semangat muda dalam detik detik proklamasi 
  • (E) pengamanan Sukarno-Hatta dari pasukan Jepang.

Pembahasan: 

 Peristiwa Rengasdengklok menurut golongan tua dianggap penculikah yang menunda proklamasi sebab diambil dengan paksa untuk menuruti kemauan emuda dan dianggap merusak rencana yang sudah dipersiapkan golongan tua sebelumnya untuk melakukan proklamasi.

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 05 
Golongan pemuda menginginkan kemerdekaan dilakukan ... 
  • (A) golongan tua. 
  • (B) organisasi pemuda 
  • (C) pimpinan tentara pendudukan jepang 
  • (D) tanpa melibatkan Soekarno Hatta 
  • (E) Soekarno-Hatta

Pembahasan: 

 Golongan pemuda menginginkan agar proklamasi kemerdekaan dilakukan oleh 5uk'arno - Hatta atas dasar pertimbangan bahwa kedua tokoh ini adalah tokoh yang memang perjuangannya teruji, dikenal dan dipercaya oleh rakvat sebagai tokoh yang berwibawa dan berkharisma' DenEan Ou,riit iun diharapkan proklamasi akan mendapatkan' dukungan penuh dari rakyat' 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 06 
 Warga masyarakat Yunani kuno yang memperoleh hak dalam pemilihan umum adalah ... 
  • (A) semua warga kota Yunani yang sudah dewasa 
  • (B) hanya warga laki-laki yang merdeka 
  • (C) kaum laki laki dan wanita yang dewasa 
  • (D) hanya laki laki yang menjadi prajurit 
  • (E) warga kota yang mampu membayar pajak

Pembahasan: 

 Di Yunani Kuno, demokrasi hanya berlaku untuk warga Negara yang resrni. Sedangkan pendr'rduk yang terdiri dari budak, pedagangan asing, pere*puun dan anak-anaktidak dapat menikmati hak demokrasi. 

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 07 
Salah satu alasan dilakukannya kebijakan nasionalisasi sebelum tahun 1957 terhadap perusahaan perusahaan Belanda di Indonesia adalah ... 
  • (A) perusahaan tersebut menolak membayar pajak. 
  • (B) perusahaan tersebut menjadi pesaing ekonomi pribumi 
  • (C) perusahaan tersebut akan memindahkan asetnya ke luar negeri 
  • (D) adanya kebijakan memperkuat ekonomi nasional 
  • (E) Indonesia belum berdaulat dalam bidang ekonomi

Pembahasan: 

 Pernerintah lndonesia melakukan kebijakan nasionalisme kepada seluruh perusahaan Belanda di lndonesia sebelum tahun 1957 salah satu alasan dilakukan kebijakan tersebut adalah lndonesia belum berdaulat pada bidang ekonomi karena sebelumnya sistem perekonomian lndonesia masih didominasi oleh pihak asing (Belanda)' Untuk mewujudkan kedaulatan lndonesia, diberlakukanlah nasionalisasi terhadap perusahaan asing (Belanda) Di indonesia

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No 08 
Alasan stupa Borubudur diakui sebagai warisan dunia adalah ... 
  •  (A) struktur bangunannya yang berasal dari batu andesit 
  •  (B) letak bangunan berada di tempat yang tinggi 
  •  (C) struktur bangunannya bertingkat tingkat 
  •  (D) posisi stupa ada pada setiap relung bangunan 
  •  (E) adanya perpaduan pengaruh asing (Buddha) dengan budaya asli

Pembahasan: 

 Candi Borobudur merr-lpakan candi bercorak Budha peninggalan sejarah yang dibangun pada abad ke 8 oleh dinasti Syailendra pada masa raja Samaratungga. Candi Borobudur diakui sebagai warisan Aunia-karena bangunannya adalah bentuk akulturasi antara lndia (dilihat dari bentuk stupa) dan kebudayaan khas lndonesia zaman Uegaiitfrifum yang dilihat dari punden berundak undaknya. 

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No 09 
Masyarakat Maluku pada abad XV memberikan perlawanan secara terus menerus pada saat bangsa Spanyol dan Portugis yang berusah menjajah mereka 
 SEBAB 
 Bangsa Spanyol dan Portugis selalu bekerja sama untuk mengalahkan kerajaan kerajaan yang ada di Nusantara.

Pembahasan:

Pada abad ke xv di maluku terdapat dua kerajaan islam yam Ternate dan tidore. Dimana keduanya salinng berkonflik. Ternate bekerjasama clengan portugi( untuk rnengalahkan Tidore, sedangkan Tidore bekedasama dengan Spanyol untuk mengalahkan Ternate. 

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 10 
 Pada masa Orde Baru terjadi perkembangan industri yang cukup pesat. 
 SEBAB 
 Undang undang penanaman modal asing dan penanaman Modal Dalam Negeri pada mas Orde Baru mempermudah tersedianya modal. 

Pembahasan: 

 Pada zaman orde Suharto melakukan kebijakan PMA (Penanaman tu1odal Asing) dengan menarik ; para,[nvestor untuk menanam kan modalnya di lndonesia. Sehingga pembangunan lapangan pekerjaan berkembang pesat 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 11 
Dalam merespon masuknya Islam, masyarakat pasca-jatuhnya Majapahit terpecah menjadi 2 golongan yaitu, golongan yang mau masuk agama islam dan yang menolaknya. 
 SEBAB 
 Golongan masyarakat yang menolak masuk Islam menyingkir ke Bali dan Tengger. 

Pembahasan: 

Pasca keruntuhan Majapahit, berdirilah kerajaan Demak lslam Kardnb kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindhu. Maka rnasyarakat Hindhu berpindah ke Jawa Timur Bali menjadi suku Tengger. Sedangkan yang berpindah memeluk ls- lam--tetap tinggal dan menjadi masyarakat dibawah kerajaan Demak' 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 12 
Organisasi yang tidak termasuk Blok Barat dan Blok Timur dalam Perang Dingin adalah ... 
 (1) NATO 
 (2) Pakta Warsawa 
 (3) SEATO 
 (4) ASEAN 

Pembahasan: 

ASEAN adalah bentuk kerjasama ekonomi' sosial dan budaya antar negara-negara Tenggara 

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 13 
 Penerapan hukuman pada masa Hindu-Buddha di Nusantara dilakukan melalui ... 
 (1) pengusiran. 
 (2) hukuman mati. 
 (3) sumpah dan kutukan. 
 (4) pembebanan berupa denda. 

Pembahasan: 

 Penerapan hukuman pada masa Hindhu Budha 1) Pengucilan(ostrasisme) 2) Pengusiran 3) SumPah / Kutukan 

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 14 
Pergolakan politik di Eropa yang terjadi Pasca Perang Dunia 1 adalah ... 
 (1) meluasnya paham facis di Eropa. 
 (2) bersatunya negara-negara eropa. 
 (3) terbentuknya blok sekutu di Eropa. 
 (4) bersatunya Perancis, Jerma, dan Italia. 

Pembahasan: 

 Pergolakan Politik Pasca PD 1 - Meluasnya paham fasis di Jerman dan ltalia - Terbentuk blok sekutu di EroPa 

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 15 
Runtuhnya menara kembar WTC pada 11 september 2001 mengakibatkan ... 
(1) Amerika semakin kuat. 
(2) Israel semakin dekat dengan Amerika. 
(3) Amerika memusuhi bangsa-bangsa Arab. 
(4) menguatnya isu terorisme global. 

Pembahasan: 

 Peristiwa 9/1 1 (nine eleven) dimana menara WTC (World Trade Center) diserang menyebabkan amerika menuduh bahwa pelakukan nya adalah sekglompokteroris yang pada akhirnya AS memulai menyerahkan aksi perang terhadap terorisme' 

 💥 Kunci Jawaban: D

Subscribe to receive free email updates: