Soal dan Pembahasan Sejarah SNMPTN Tahun 2009 (Kode 269)
Bimbel WIN:
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah
ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang sebenarnya akan
menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif.
Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun
ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada
hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada
soal hitungan, rumus dan analisanya pada umunya sama.
Oleh karena itu, kami menyarankan
bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10
tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.
Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi
soal asli Sejarah SNMPTN tahun 2009 kode 269 lengkap dengan
pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga
mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami
siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang
belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 🙏🙏
SEJARAH
- (A) masih adanya arsitektur masjid yang menggunakan cungkup mirip candi.
- (B) munculnya bangunan yang meniru arsitektur candi-candi di India.
- (C) terbentuknya kasta dalam kehidupan masyarakat.
- (D) pemilihan pemimpin berdasarkan keturunan.
- (E) meluasnya pengaruh resi dan biksu di masyarakat Indonesia.
Pembahasan:
Salah satu akulturasi lslam, Hidhu, dan Budha adalah atap bentuk masjid yang seperti tumpang (bertingkat), khas budaya Hindu-Budha
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) bangsa Indonesia masih berjuang melawan Belanda untuk memperoleh kemerdekaannya.
- (B) RI telah berhasil merdeka kembali karena Belanda gagal melenyapkan RI melalui agresi militer tahun 1948.
- (C) RI sanggup mengirimkan delegasi ke PBB untuk berunding dengan Belanda.
- (D) pemerintah RI dengan TNI-nya masih benar-benar ada meskipun Belanda melaksanakan agresi militernya.
- (E) RI diberi kesempatan untuk menciptakan keamanan di wilayah Yogyakarta.
Pembahasan:
Serangan umurn 1 Maret 1949 menunjukkan kepadi dunia bahwa ekistensi lndonesia masih acla dan kekuatan rniliter lndonesia patut diperhitungkan.
💥 Kunci Jawaban: C
- (A) tidak toleran terhadap kebebasan beragama.
- (B) membatasi kekuasaan para bangsawan.
- (C) membatasi kebebasan pada masyarakat kebanyakan.
- (D) tidak mendorong munculnya kelompok pedagang yang dapat memelopori proses demokratisasi.
- (E) tidak sesuai dengan ideologi komunisme- marxisme.
Pembahasan:
Feodalisme adalah sebah sistem dimana para penguasa hanya ditentukan berdasarkan garis keturunan dan para kaum ningrat (pemilik tanah dan modal)
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) kesenjangan masyarakat desa dan kota semakin besar.
- (B) polusi tanah dan air akibat penggunaan pupuk kimia dan pestisida menjadi berlebihan.
- (C) produk pertanian Indonesia sulit diperdagangkan di pasar internasional akibat politik dumping.
- (D) petani menjadi semakin malas karena perannya diganti oleh teknologi pertanian.
- (E) petani semakin sulit bersaing dengan petani luar negeri karena kalah dalam penguasaan teknologi.
Pembahasan:
Salah sau kebijakan revolusi hijau adalah penggunaan pupuk kimia untuk meningkatkan produktivitas hasil panan, sehingga menyebabkan kualitas tanah dan air menjadi cepat rusak.
💥 Kunci Jawaban: B
- (A) Jepang tidak memiliki kewajiban yuridis untuk memenuhi janjinya.
- (B) Jepang menugasi Sekutu untuk menindas gerakan nasionalisme di Indonesia.
- (C) Jepang terikat perjanjian rahasia dengan Sekutu yang menyatakan bahwa Indone sia akan dikembalikan kepada Belanda.
- (D) Jepang ditugasi Sekutu untuk mempertahankan status quo di Indonesia sampai Sekutu datang.
- (E) Jepang menganggap bangsa Indonesia belum mampu menyelenggarakan pemerintahan.
Pembahasan:
Menurut perjanjian San Fransisco Jepang harus menyerahkan daerah yang di kuasainya kepada sekutu.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) menguji keaslian data yang diteliti.
- (B) menjadikan data yang diperoleh sebagai bagian internal dari kisah sejarah yang ditulisnya.
- (C) menganalisis seluruh narasi secara kritis sebagai bahan penulisan sejarah.
- (D) menganalisis kesesuaian data yang diperoleh dengan topik yang diteliti.
- (E) menganalisis data yang diperoleh tersebut benar-benar sezaman dengan peristiwa yang diteliti.
Pembahasan:
Kritik intern digunakan untuk meneliti keabsahan tentang kesahihan sumber (kredibilitas).
💥 Kunci Jawaban: A
- (A) peradaban Yunani banyak dikagumi dan ditiru oleh para pemimpin pemerintahan.
- (B) sumber kekuasaan dalam masyarakat mod ern tidak lagi didasarkan pada kekuatan magis-religius.
- (C) pemerintahan yang demokratis telah terbukti lebih efektif daripada pemerintahan monarki.
- (D) peranan rakyat dalam pemerintahan yang demokratis dapat dilaksanakan secara langsung tanpa harus melalui lembaga perwakilan.
- (E) sejak pemerintahan polis di Yunani semua elemen warga negara dilibatkan dalam pemerintahan.
Pembasahan:
Peradaban Yunani disebut sebagai peradaban yang dihasilkan ternukti masih relavan digunakan pada masa modern saat ini. Salah satunya adalah sistem pemerintahan Demokrasi.
💥 Kunci Jawaban: D
- (A) pola hubungan para bangsawan dengan penguasa Belanda.
- (B) pola hubungan raja dan bangsawan dengan rakyat.
- (C) pola hubungan raja dengan kelompok bangsawan.
- (D) pola hubungan kelas buruh dengan majikannya.
- (E) munculnya kelas menengah pribumi yang mulai mampu bersaing dengan pedagang Cina.
Pembahasan:
Dalam sistim Cuultur Stelsel pemerintah Belanda menugaskan penarikan hasil tanam paksa kepada penguasa lokal (bangsawan pribumi).
💥 Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Organisasi politik pada masa pergerakan dibagi menjadi dua kategori yaitu Radikal dan Moderat.
💥 Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Megawati terpilih sebagai Presiden berdasarkan konstitusional, yaitu apabila Presiden berhenti atau diberhentikan sebelum masa jabatan berakhir, maka secara otomatis Wakil Presiden yang menggantikanya. Pilpres langsung dilakukan setelah masa Presiden Megawati.
💥 Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Fakta warsawa didirikan guna menjaga eksistensi ideologisosialis didunia dan Amerika belum menang melawan Vietnam
💥 Kunci Jawaban: E
Pembahasan:
Politik etis dicanangkan guna untuk mernbalas kebaikan pribumi akibat pelaksanaan tanam paksa dengan melalui 3 cara lrigasi, Edukasi, dan Imigrasi.
💥 Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Kebudayaan spiritual manusia pra sejarah yang animisme dan dinamisme dibuktikan dengan ditemukannya hasil kebudayaan.' berupa menhir, punden berundak, dan cap jari tangan di dinding- dinding goa.
💥 Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Berakhirya kerajaan Demak ditandai dengan perebutan tahta kerjaan antara keturunan Sultan Trenggono dan keturunan Pangeran Seda Ing Lepen.
💥 Kunci Jawaban: D
Pembahasan:
Pemilu 1955 dibagi menjadi 2 gelombang: -29 September 1955 : mimilih DPR - 15 Desember 1955 : memilih anggota konstituante
💥 Kunci Jawaban: D