google-site-verification=uGaFaI4tLDPz87uYx2QkslvG_6TMmWXUvNr4czQTFKo Soal dan Pembahasan Sejarah SNMPTN Tahun 2010 (Kode 328) - SEJARAH SMA DAN SMK

Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan Sejarah SNMPTN Tahun 2010 (Kode 328)

 


Bimbel WIN: 

Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli Sejarah SBMPTN tahun 2010 kode 328 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏


💦 Soal No 01 
Alasan sejarah sebagai suatu peristiwa tidak dapat berulang adalah ... 
  •  (A) setiap peristiwa selalu terjadi dalam ruang dan waktu yang berbeda dengan peristiwa yang lain. 
  •  (B) setiap kisah dari suatu peristiwa sejarah tidak dapat mengulang kisah sejarah yang sama. 
  •  (C) peristiwa di masa lampau tidak dapat diteliti secara berulang-ulang. 
  •  (D) pelaku dan saksi sejarah tidak dapat menceritakan peristiwa yang sama dengan tafsir yang sama. 
  •  (E) sulit menemukan bukti-bukti yang dapat digunakan untuk mengulang peristiwa di masa lampau.

Pembahasan: 

 Sejarah sebagai suatu peristiwa berarti setiap peristiwa selalu terjadi dalam ruang dan waktu yang berbeda dengan peristiwa yang lain. 

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 02 
Kehidupan masyarakat masa neolithik di Indonesia berbeda dengan kehidupan masa sebelumnya. Hal tersebut ditandai oleh kebiasaan ... 
  •  (A) berburu dan membuat alat-alat dari batu. 
  •  (B) berburu dan bertempat tinggal di dalam gua-gua. 
  •  (C) bercocok tanam dan membuat alat-alat dari logam. 
  •  (D) bercocok tanam dan membuat sarcopagus. 
  •  (E) bercocok tanam dan bertempat tinggal menetap.

Pembahasan: 

 Ciri-ciri peradaban masa Neolithik: - Hidup menetap - Food Producing (bertenak, bercocok tanam) - alat-alat perlengkapan sudah halus - rnengenal sistem Primus lnter Pares. 

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No 03 
Langkah yang dilakukan Raja Kertanegara dari Singasari dalam mengembangkan wilayahnya adalah... 
  •  (A) menyerahkan kekuasaanya kepada putra mahkota. 
  •  (B) bekerja sama dengan Kediri. 
  •  (C) melakukan ekspedisi Pamalayu. 
  •  (D) bekerja sama dengan Sriwijaya. 
  •  (E) membagi kerajaannya menjadi Panjalu dan Kediri

Pembahasan: 

 Ekspedisi pamalaya merupakan langkah kertanegara meluaskan pengaruhnya ke sumatera. 

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 04 
Latar belakang pemindahan pusat kekuasaan kerajaan Mataram Kuno dari Jawa Tengah ke Jawa Timur adalah ... 
  •  (A) perang saudara antara dinasti Sanjaya dan Sailendra yang melibatkan kerajaan Nalanda di India. 
  •  (B) adanya bencana alam yang menyebabkan banyak korban di wilayah Jawa Tengah. 
  •  (C) serangan kerajaan Tarumanegara dari Jawa Barat. 
  •  (D) munculnya aliran baru dalam agama Hindu - Buddha di Jawa Timur. 
  •  (E) ancaman bangsa Cina yang selalu menuntut penyerahan upeti.

Pembahasan: 

 Pusat Pemerintahan Mataram Kuno dipindahkan dariJawa Tengah ke iawa Timur oleh Mpu Sindok karena bencana alam. 

💥 Kunci Jawaban: B


Pembentukan Boedi Oetomo 
     Pada awal abad ke-20 pemerintah kolonial mulai mengusahakan kemajuan rakyat bumiputera, yang telah berpuluh tahun dieksploitasi melalui cultuur stelsel dan kemudian sistem liberal, yang telah menempatkan orang bumiputera sebagai tenaga kerja rendahan dengan gaji atau upah yang sangat rendah jika dibandingkan gaji para pekerja Eropa. Usaha untuk memajukan kehidupan rakyat bumiputera itu dilembagakan dalam politik etis yang mencakup terutama usaha untuk memajukan pengajaran. Namun demikian, masih banyak anak bangsa bumiputera tidak bisa bersekolah, karena orang tuanya miskin sehingga tidak mampu untuk membiayai pendidikan anak-anak mereka. 
     Melihat kondisi ini, Wahidin Soediro Hoesodo, seorang dokter Jawa, berusaha mendirikan studie fonds (dana pendidikan) untuk anak-anak bangsa yang cerdas tetapi tidak mampu untuk memikul biaya pendidikan. Pada tahun 1906-1907 dr. Wahidin mengunjungi berbagai tempat di pulau Jawa untuk memprogandakan gagasannya itu. Pada tahun 1907, Wahidin mengunjungi School tot Opleiding Van Inlandsche Arisen (STOVIA) di Weltevreden, Batavia. Idenya ini diterima secara antusias oleh siswa-siswa STOVIA. Soetomo dan rekannya Goenawan Mangoenkoesoemo, yang ketika itu masih menjadi siswa STOVIA, memproklamasikan pendirian Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Pembentukan Boedi Oetomo dihadiri dan didukung oleh siswa-siswa sekolah lainnya, yaitu Sekolah Pertanian di Bogor, Sekolah Dokter Hewan di Bogor, Sekolah Kepala Negeri di Magelang dan Probolinggo, Sekolah Malam untuk Penduduk Kota di Surabaya, Sekolah Pendidikan Guru Bumiputera di Bandung, Yogyakarta, dan Probolinggo. Tujuan Boedi Oetomo adalah mengusahakan persatuan kaum Boemipoetera yang sedapat mungkin bersifat umum, sehingga akan tercapai Persatuan orang Jawa pada umumnya, dengan Boedi Oetomo hanya sebagai pelopor, yang tugas utamanya adalah untuk merancang cara-cara yang tepat untuk mencapai terwujudnya suatu pendidikan yang serasi bagi negara dan rakyat Hindia Belanda (Pengumuman Afdeeling Bestuur Boedi Oetomo, 1908). 

💦  Soal No 05 
 Boedi Oetomo dibentuk sebagai reaksi terhadap.... 
  • (A) cultuur Stelsel yang mengeksploitasi tenaga kerja bumiputera. 
  • (B) liberalisme yang mengeksploitasi tenaga kerja bumiputera dengan upah yang sangat rendah. 
  • (C) keinginan dr. Wahidin Soediro Hoesodo untuk membentuk studie fonds. 
  • (D) usaha pemerintah kolonial untuk memajukan pendidikan rakyat bumiputera.
  • (E) kebijakan pemerintah kolonial yang memberi sedikit kesempatan bagi rakyat bumiputera untuk bersekolah.

Pembahasan: 

 Budi Utomo dibentr-rk atas reaksi diskriminasi Pendidikan terhadap kaum pribumi Jawa dan Madura. 

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No 06 
Berdasarkan teks di atas, dapat disimpulkan bahwa Boedi Oetomo ... 
  • (A) bertujuan untuk menghapuskan Cultuur stelsel yang menyengsarakan rakyat Jawa. 
  • (B) adalah perintis kemajuan pendidikan rakyat bumiputera di Indonesia. 
  • (C) dibentuk untuk kemajuan rakyat Jawa dan Madura. 
  • (D) dibentuk untuk persatuan rakyat Hindia Belanda. 
  • (E) Berusaha menghapus liberalisme yang menyengsarakan rakyat bumiputera.

Pembahasan: 

 Budi Utomo sebuah organisasi yang bergerak dibidang sosial dan budaya. Dengan tujuan utama memajukkan pendidikan kaum pribumi Jawa. 

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 07 
Sikap pemerintah pendudukan Jepang pada tahun 1942-1945 yang membatasi gerakan kemerdekaan Indonesia tampak pada upayanya dengan cara ... 
  •  (A) membentuk organisasi Putera (Pusat Tenaga Rakyat) 
  •  (B) merekrut rakyat bumiputera untuk menjadi romusha. 
  •  (C) melarang penggunaan bahasa Indonesia. 
  •  (D) membubarkan organisasi-organisasi politik yang telah ada sebelumnya. 
  •  (E) memberlakukan undang-undang anti militer.

Pembahasan: 

 Partai politik dianggap sebagai salah satu faktor yang bisa rnenyebarkan sernangat nasionalisme. Oleh karena itu, Jepang rnengeluarkan kebijakan dengan melarang partai politik di lndonesia. 

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 08 
 Peran besar Jenderal Soedirman pada peristiwa yang terjadi pada tanggal 20 November 1945 adalah... 
  • (A) mengalahkan tentara Sekutu dan NICA di Yogyakarta melalui perang gerilya.
  • (B) mempertahankan Yogyakarta dari serangan Sekutu dan NICA. 
  • (C) melawan tentara Sekutu dan NICA dalam pertempuran di Ambarawa. 
  • (D) melawan tentara Sekutu dan Belanda dalam pertempuran di Sumatera. 
  • (E) memenangkan perang melawan Sekutu dan NICA di Semarang.

Pembahasan: 

 20 November 1945 terjadi peristiwa peperangan antara lndonesia melawan Sekutu dan NICA di Ambarawa. Dikenal dengan peristiwa palagan Ambarawa 

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 09 
Pembentukan ASEAN diresmikan di Bangkok, Thailand pada tanggal pada 8 Agustus 1967. 
 SEBAB 
Pada waktu itu terjadi krisis ekonomi yang melanda negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 

Pembahasan: 

 ASEAN dibentuk atas reaksi terhadap Perang Dingin. Dimana negara-negara ASEAN berkeinginan menjadikan wilayah Asia Tenggara sebagai daerah 2OPFAN (Zone of Peace Freedom of Neutrality) 

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 10 
Sistem demokrasi langsung dapat dilaksanakan pada masa Yunani kuno. 
 SEBAB 
 Rakyat Yunani kuno tidak mengenal pembagian golongan atau kasta. 

Pembahasan: 

 Masyarakat Yunani Kuno mengenal sistim demokrasi dan penggolongan rnasyarakat berdasarkan struktur sosial, yaitu pejabat Pemerintahan dan golongan rakyat biasa. 

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 11 
Awal revolusi industri ditandai dengan penemuan tambang batu bara di Inggris. 
 SEBAB
 Pada awal abad ke-19 batu bara mulai dipergunakan sebagai bahan bakar untuk menjalankan kereta api. 

Pembahasan: 

 Revolusi lndustri dimulai ketika mesin ditemukan. mesin Pertama yang ditemukan adalah mesin uap. 

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 12 
Penyebab Uni Soviet bergabung dengan Sekutu dalam menghadapi fasisme selama berlangsungnya Perang Dunia II adalah ... 
 (1) pengambil-alihan daerah jajahan Uni So viet oleh Jepang. 
 (2) janji Amerika untuk memberikan bantuan ekonomi dan militer pada Uni Soviet selama berlangsungnya Perang Dunia II. 
 (3) penerapan ideologi marxisme dan kapitalisme secara bersamaan di Uni So viet. 
 (4) kedekatan balk marxisme maupun kapitalisme dengan demokrasi dibanding dengan fasisme. 

Pembahasan: 

 Penyebab Uni Soviet bergabung dengan sekutu selama Perang Dunia ll adalah irning-iming bantuan ekonomi dan militer dari Arnerika Serikat serta lebih dekatnya Marxisme dan Kapitalisme dengan demokrasi dibanding dengan Fasisme. 

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 13 
Penyebab kegagalan pemerintah Orde Baru dalam menerapkan sistem demokrasi di Indonesia, adalah... 
 (1) kebebasan pers dibelenggu dengan slo gan "bebas & bertanggungjawab". 
 (2) tidak ada kaderisasi pemimpin di jajaran pemerintahan. 
 (3) tidak ada pergantian presiden selama 30 tahun. 
 (4) tidak ada sistem pemilihan umum yang jujur dan adil. 

Pembahasan: Penyebab tidak berjalan dengan baiknya sistem Demokrasi di lndonesia pada rnasa Orde Baru adalah : 1. Tidakadanya kaderisan pemimpin (kekuasaan berdasarkan garis keturunan). 2. Kebebasan Pers yang dibelenggu. 3. PEMILU yang tidak I-UBER. 4. Masa Pemerintahan Presicien sampai 32 tahun. 

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No 14 
Tujuan dibentuknya Dana Moneter Interna tional (International Monetary Fund/IMF) pada tahun 1945 adalah... 
 (1) memajukan kerja sama Internasional dalam bidang keuangan. 
 (2) memperlancar perdagangan Internasional. 
 (3) memperlancar lalu-lintas pembayaran bilateral. 
 (4) membuka bank-bank swasta di negara- negara berkembang. 

Pembahasan: 

 Tujuan IMF : - Memajukan kerjasama Internasional di bidang keuangan. - Memperlancar lalu lintas pembayaran bilat eral. 

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 15 
Akibat berdirinya negara Republik Rakyat Cina yang berhaluan komunis pada tahun 1949 adalah ... 
(1) organisasi pertahanan negara-negara komunis, Pakta Warsawa makin kuat. 
(2) orang-orang Cina di Indonesia yang berhaluan komunis mendirikan partai komunis Indonesia. 
(3) masyarakat Cina di seluruh dunia mendukung komunisme demi kejayaan dan kebesaran bangsa dan negara Cina. 
(4) masyarakat Cina yang tidak setuju dengan ideologi komunisme mendirikan negara Taiwan. 

Pembahasan: 

 Akibat berdirinya RRC ( Cina Komunis ) aclalah berdirinya negara Taiwan sebagai reaksi clari sebagian raky.;t Cina yang tidak setuju dengan ide Komunisnre 

💥 Kunci Jawaban: D

Subscribe to receive free email updates: